Sunday, July 3, 2011

Kvitova memenangkan Wimbledon 2011


Final Wimbledon adalah final Grand Slam pertama Petra Kvitova. Hebatnya ia langsung menuntaskannya dengan sebuah titel juara. Kvitova datang, lihat dan menang.

Prestasi itu digapai Kvitova saat menyungkurkan mantan petenis nomor satu dunia sekaligus juara Wimbledon tahun 2004, Maria Sharapova. Dalam laga puncak yang dihelat, Sabtu (2/7/2011) malam WIB, Kvitova menang dua set langsung 6-3 dan 6-4 dalam waktu 85 menit.

Ini tentunya merupakan pencapaian gemilang bagi Kvitova yang sebelumnya hanya pernah mencapai perempatfinal Australia Terbuka tahun ini, sebagai prestasi terbaiknya di arena Grand Slam.

Apalagi sejak terjun sebagai petenis profesional lima tahun lalu, petenis 21 tahun ini hanya mampu meraih lima titel WTA Tour. Namun berkat penampilan gemilangnya di tahun ini, ia mampu masuk dalam 10 besar peringkat dunia.

Laga di Centre Court All England Lawn Tennis and Croquet Club malam ini membuktikan jika Kvitova memang pantas berada di deretan petenis wanita terbaik dunia saat ini.

"Aku tak tahu harus menguncapkan apa jika Aku berdiri sini dengan trofi ini dan melihat beberapa pemain hebat di Royal Box. Well, aku sangat dengan kemenangan ini," sahut Kvitova usai laga seperti dilansir Reuters.

"Jelas aku tadi sempat gugup. Aku merasa aku bisa memenangi Wimbledon. Tapi aku harus fokus pada setiap poin," sambungnya.

Kvitova pun boleh berbangga karena ia jadi petenis wanita kidal kedua yang menjuarai Wimbledon, setelah terakhir Martina Navratilova melakukannya tahun 1990. Sekaligus jadi petenis asal Republik Ceko pertama yang jadi menjuarai Wimbledon setelah Jana Novotna tahun 1998.

Baik Navratilova maupun Novotna hadir menonton langsung partai final itu. Saat penyerahan hadiah Kvitova melambaikan kecupan kepada kedua seniornya di dunia tenis itu.