Friday, May 27, 2016

Sosok Jose Mourinho

Siapa tidak kenal Jose Mourinho? Pelatih berkebangsaan Portugal ini menjadi sebuah fenomena dalam dunia sepak bola dalam 10 tahun terakhir. Segudang prestasi telah tercipta dari tangan dinginnya. 

Sukses di Portugal, Mou mencoba peruntungan di tanah Inggris. Ia memulainya dengan memegang Chelsea. Tim biru London ini pun dibawa Mou ke puncak tertinggi Liga Inggris dua tahun berturut-turut. Lagi-lagi, meninggalkan Manchester United di belakang.

Tahun 2008, Mou bergabung dengan tim besar Italia, Inter Milan. The Special One memang tidak pernah kehabisan strategi dan keberuntungan. Di bawah asuhannya, Internazionale menikmati dua gelar Liga Italia dan satu gelar Liga Champions. Perjalanan karir Mou selanjutnya adalah Real Madrid. Tim bertabur bintang ini sukses menjuarai Copa del Rey musim lalu, dan Liga Spanyol musim ini. Gelarnya musim ini sekaligus mematahkan dominasi Barcelona di ranah Spanyol.

Jumlah piala lainnya selama berkiprah dalam sepak bola Inggris bersama dengan Chelsea adalah tiga Piala Liga, satu Piala FA, satu Piala Community Shield. Kekalahan yang diderita Chelsea pada 16 laga pertama Liga Utamanya pada musim lalu, mengantarkannya kepada pemecatan. Sekarang Ia akan melatih Manchester United.

Berikut 3 Kutipan terbaik Jose Mourinho menurut Blogger :

1. "Jangan panggil aku sombong, aku juara Eropa dan aku rasa aku ‘the special one.’" (Asal-muasal sebutan The Special One untuknya). - Chelsea FC.

2. "Jika aku dibenci di Barcelona, itu masalah mereka, bukan masalahku. Takut tidak ada dalam kamus sepak bolaku." (Terkait dengan sosoknya yang dibenci fans Barcelona) - Real Madrid.

3. "Aku adalah seorang pelatih, bukan Harry Potter. Dia memang penyihir, tapi dalam kehidupan nyata tidak ada sihir. Sihir itu fiksi, dan sepak bola nyata." - Real Madrid